Hai semuanya✨
Aku mau ngebahas pengalaman aku selama menjadi Customer Service di PT. Bank Central Asia, Tbk pada program magang bakti.
Buat kalian yang sudah tau good for you, buat kalian yang baru tau atau fresh graduate from high school aku jelasin sedikit ya. Jadi magang bakti, adalah program kerja magang yang ditawarkan oleh BCA bagi kalian lulusan SMA/SMK atau D1-D3/S1 dengan usia 17-24 tahun.
"Terus kalau udah 3 tahun gimana? Selesai aja gitu kontraknya? Dijadiin karyawan tetap ga?"
Well, it depends on yourself ya. Kalau kinerja kalian selama magang bagus, dan sesuai dengan kriteria yang diinginkan BCA dan kalian sudah S1 or at least in final year student, kalian bisa saja direkomendasikan untuk menjadi karyawan tetap. Oke, cukup pembahasan tentang magang baktinya ya, sekarang kita masuk ke topik sesungguhnya.
Aku masuk di BCA pada saat awal masuknya covid di Indonesia. Jadi pada saat itu aku sedang OJT (On Job Training) dan disaat yang bersamaan juga diberitakan bahwa di Indonesia terdapat sus positif covid, yang tidak perlu waktu lama menyebar keseluruh wilayah.
Inget banget waktu itu cabang tempat ku bekerja tutup. Disclaimer dulu nih, jadi pada saat covid itu memang banyak sekali cabang yang ditutup seperti area mall, dan beberapa cabang kecil lainnya, dan cabangku termasuk yang ditutup. Pada saat itu aku baru aja masuk 1 minggu, dan tiba-tiba cabang ditutup, lalu aku dipindah tugaskan sementara dicabang lain.
Coba kamu bayangkan, kamu anak baru yang baru terjun didunia baru selama seminggu, lalu ditempatkan dicabang lain dimana kamu harus berkenalan lagi dengan orang baru dan kamu belum cukup yakin dengan kinerja kamu, karena kamu baru aja kerja hahaha. Perasaannya tuh campur aduk + worry.
Well, saat morning briefing pertama, aku jelasin kalau aku anak baru, dan mereka semua kaget. Mungkin kagetnya lebih kayak gini "Loh kenapa harus dikasih anak baru sih?" ini sih lebih tepatnya pemikiran ku saja. Oh ternyata, mereka ga semenakutkan itu. Mereka semua sangat baik, ramah, feels warm with them, bahkan kabagnya (kepala bagian) bener-bener nuntun dalam pekerjaan. Rasanya nyaman banget, walaupun itu bukan cabang asal aku, tapi rasanya nyaman banget, paham kan?
Selain dari sesama rekan kerja, yang namanya kerja di Bank pasti berhubungan dengan yang lain juga kan. Yup, customer atau kalau istilah perbankannya mereka dinamakan nasabah. Menjadi customers service itu selain melakukan main jobnya, kita juga harus bisa tau kemauan dan keperluan nasabah kira-kira apa.
Mungkin kalian berfikir 'Lu mah enak udah kerja di BCA, gajinya gede lah, ketemu orang banyak, bisa ketemu artis juga' dan lain sebagainya,
tapi kalian tau ga sih kalau kita itu bekerja bukan sebatas melayani nasabah loh. Misalnya kamu mau buka rekening, kita akan menawarkan produk simpanan yang menurut kita cocok untuk kamu loh, bukan hanya sebatas buka terus selesai.
Kita akan menanyakan apakah nasabah sudah mengetahui semua produk penyimpanan, jadi semisal kamu belum tahu dan sesudah kita beritahu, kamu akan mengerti dan mungkin akan mengikuti saran kita.
Dan kita juga harus sigap untuk mengerti nasabah-nasabah yang 'agak-agak.' Untuk para Bankers, hal seperti ini sudah lumrah pastinya, bahkan sesama Bankers yang berbeda company juga mengerti maksud dari nasabah 'agak-agak,' hayoo ngaku kalian yang kerja di Bank paham kan maksudnyaaa...
Kita gabisa tuh sembarangan menawarkan produk kepada nasabah tersebut. Boro-boro nawarin, kita mau coba ngasih tau ada produk terbaru aja kadang mereka enggan untuk mendengar (karena biasanya mereka sudah tau, setelah kita selesai menawarkan, secara halus kita memaksa mereka untuk mengikuti kemauan kita hehehe). Terlepas dari yang 'agak-agak,' ada juga kok nasabah-nasabah dermawan, baik, sopan, kalem. Jadi tenang aja, yang namanya frontliner kita akan berhadapan langsung dengan masyarakat, sifat dan tipenya pasti akan berbeda beda, jadi jangan disamaratakan ya.
Selain bekerja dicabang, kita juga bisa bekerja keluar cabang loh, a.k.a canvasing atau kita sebut saja mencari nasabah yang belum punya rekening BCA agar segera memiliki rekening BCA. Yups, target. Beberapa cabang akan melakukan canvasing untuk mendapatkan nasabah baru untuk pencapaian target. Jadi kalian tidak terlalu suntuk atau bosan karena bekerja didalam ruangan terus, kalian juga bisa dapat giliran untuk canvasing.
Terlepas dari enaknya, kalian juga bisa jadi kerja pas weekend loh...
Hah? Kok bisa?
Tenang, tenang... Ini namanya weekend banking, biasanya tergantung wilayah. Kalau kamu dapat wilayah yang sudah termasuk cabang didalam mall, berarti kamu akan kebagian weekend banking. Tapi tenang, kamu ga akan setiap weekend bekerja kok. Kalau yang ini sistemnya bergilir, bisa 2 sampai 3 bulan sekali, dan itu juga dibayarkan sebagai lembur loh. Jadi tenang aja jangan khawatir. Kalian juga bisa bertemu teman-teman baru dari cabang lain.
Comments
Post a Comment